Bagaimana Cara Menjawab Tipe Short Answer Questions Pada Reading IELTS

Buku IELTS Download

Artikel kali ini akan membahas tentang tips dan kesalahan umum yang sering terjadi saat kamu mengerjakan Reading dengan tipe soal “short answer questions”. Tipe soal ini adalah soal yang menuntut tentang pemahaman kamu.



Jika kamu lihat tipe soal ini, biasanya soal ini menurutku adalah yang paling mudah. Karena biasanya jawabannya tidak jauh-jauh jaraknya. Kalau udah ketemu satu saja. Kamu hanya perlu melacaknya yang lain disekitarnya.

Namun, ada beberapa hal yang dirasakan kebanyakan orang dengan soal tipe ini. Bahkan ada yang membaca bolak-balik tapi tidak ditemukan. 

Masalah-Masalah saat Mengerjakan Reading IELTS


Synonym dan Paraphrasing. Ada gula ada semut. Mungkin pribahasa itu cocok disebatkan ke IELTS. Karena hampir semua tipe soal menuntut kita paham terhadap persamaan kata dan makna kalimat. Sudah jelas bakal kesulitan kalau masalah ini benar-benar tidak paham.

Nah, umumnya soal-soal IELTS itu paraphrasing nya cenderung berubah 360 derajat. Yang awalnya pembahasannya di kalimat akhir, bisa saja berubah menjadi ke awal. Pinternya lagi, ada semacam tricky pada soal. Sehingga kdalau tidak cermat bisa saja jawabannya kebalik-balik.

Pembatasan Kata, cenderung kalau menghadapi masalah ini jadi bimbang ingin menjawab apa. Padahal sebenarnya kamu sudah menemukannya. Tapi karena berasa kurang pe-de akhirnya mencoba cari jawaban yang lain. Hal begini yang harus kamu ingat adalah “paraprashing”. Jika sudah merasa yakin kalau itu jawabannya jangan ragu untuk menulisnya.

Kehabisan Waktu, kebanyakan soal-soal di IETLS itu topiknya menarik. Tapi jangan sampai terlena. Apalagi kalau kamu bacanya satu demi satu kata. Disini kamu butuh teknik “skimming” untuk menemukan keyword.

Panik, masalah ini muncul biasanya karena kamu kesulitan menemukan maksud dari teks. Sudah bolak-balik soal namun tetap saja tidak ketemu. Akhirnya keasikan dengan kepanikannya. Ini sangat berpengaruh terhadap soal-soal selanjutnya. Kalau memang belum ketemu, coba ganti soal yang lain.

Salah tulis, baca instruksi baik-baik. Berapa jumlah kata yang harus kamu jawab. Jangan kamu tulis satu kalimat. Karena setiap jawaban sudah ditentukan maksimal katanya. 

Tips DAN Strategi Short Answer Questions IELTS


Pertama, seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Jawaban pada soal jenis ini biasanya tidak jauh-jauh. Hanya bagaimana kamu dapat memahami tricky dari soal. Dan pahamilah soal tersebut sampai kamu benar-benar paham maksudnya. Jangan sampai untuk meaning nya saja kamu tidak tau. Berabe urusannya.

Cobalah untuk memahami perubahan kata dari sinonim. Biasanya yang sering di paraphare itu kata kerja (verbs) dan kata sifat (adjective). Mungkin belum pernah saya menemukan kalau kata benda (noun) di ubah pakai sinonim, rasanya tidak mungkin. Bayangin misalnya kata benda “kursi”, terus mau diganti apa coba? Nothing.

Jawablah sesuai dengan teks pada soal. Jangan pernah sekali-kali kamu coba memberikan opini. Hadeeuh! Gak akan benar. Kalau memang belum mendapatkan jawabannya coba ulang baca pertanyaan diikuti pertanyaan selanjutnya.

Semoga artikel ini ngebantu memecahkan masalah kamu. Semangat terus untuk belajar.

References:https://www.ieltsadvantage.com/2015/06/11/ielts-reading-short-answer-questions/


EmoticonEmoticon