15 Tips Mengerjakan Soal Listening IELTS agar Mendapatkan Band Score Tinggi

tips dan trik Mengerjakan listening ielts


Gambaran Umum Listening IELTS


Ujian Listening IELTS dibagi menjadi empat bagian. Masing-masing mempunyai tingkat kesulitan berbeda. Kesempatan mendengarkan pun hanya satu kali. Durasi waktunya selama 40 menit. Jadi selama 30 menit untuk mengerjakan soal. Dan 10 menit lagi untuk menyalin jawaban ke Answer sheet (lembar jawaban).


Baca: Cara Menghitung Skor Listening IELTS 

Biasanya pada bagian pertama dan kedua membicarakan tentang sosial. Sedangkan pada akhir bagian dua selalu berhubungan dengan pembicaran yang berkaitan dengan pendidikan atau pelatihan. Tidak ada perbedaan listening IELTS antara Academic module dan General Module.

Tips Mengerjakan Listening IELTS


1. Prediksi topik pembicaraan – ini sangat membantu kamu ketika memahami konteks dari semua pembicaraan saat menghadapi ujian listening. Perhatikan secara detail jenis pertanyaan yang ada dan prediksi jenis pertanyaan lainya. 

2. Prediksi pertanyaan – kamu harus mencoba dan memiliki ide tentang infomarsi yang sedang dibicarakan. Sebagai contohnya, pada section one kamu akan mendengarkan tentang nama, nomer rumah dan alamat.

3. Gunakan kesempatan – kamu akan diberi waktu selama 30 detik disetiap akhir section untuk mengecek jawaban. Selanjutnya kamu diberi kesempatan selama 30 detik untuk section selanjutnya. Beberapa tips menyarakan kamu untuk mengecek jawaban apa yang kamu tulis. 

Saran saya adalah kamu bisa mengeceknya diakhir dari sesi listening.Oleh sebab itu, lanjutkan saja ke section selanjutnya. Sehingga kamu memiliki waktu 1 menit untuk untuk melihat pertanyaan-pertanyaan berikutnya. Ini jauh lebih baik.

4. Teliti terhadap jenis pertanyaan – ini yang sering terjadi, disaat test listening kamu akan sering menghadapi ujian tentang melengkapi table, diagram dan chart. Yang uniknya pertanyaan terkadang tidak berjalan secara berurutan, saran saya adalah dengarkan secara baik-baik sehingga kamu tidak akan kebingungan dan kehilangan jawaban.

5. Lihat sekaligus dua pertanyaan – untuk mengatasi ketertinggalan jawaban, kamu bisa melihat 2 pertanyaan sekaligus guna untuk menghindari adanya pertanyaan yang berdekatan atau bersamaan, sehingga kamu tidak akan kehilangan jawaban tersebut. Jika kamu paham akan soal tersebut, kamu akan mengerti kalau pertanyaa itu telah berpindah.

6. Segera pindah ke pertanyaan selanjutnya – jika kamu sadar kalau ternyata telah kehilangan jawaban atau tertinggal soal, lupakan segera dan konsentrasilah pada pertanyaan selanjutnya. 

Tidak ada yang bisa kamu lakukan lagi selain menebak ketika di akhir seksi dalam memindahkan jawaban ke lembar jawaban. Saran saya jangan terlalu panik jika mengalami itu, tetap lanjutkan kepertanyaan selanjutnya.

7. Lihat paraphrasing –Perlu kamu ingat saat menghadapi ujian listening adalah apa yang akmu dengar tidak sama persis dengan apa yang ada pada lembaran soal. Banyak sekali kata-kata yang menggunakan sinonim atau kesamaan kata, sehingga kamu harus hati-hati untuk mengerjakannya.
Lupakan kosa kata yang kamu tidak ketahui, jangan khawatir atau panik jika kamu mendengar sebuah kata yang kamu tidak tahu. Terkadang itu tidak terlalu berpengaruh sama sekali atau kamu bisa menebaknya.

8. Garis bawahi kata kunci – Alangkah baiknya kalau kamu mampu menggaris bawahi bagian dari pertanyaan saat listening, khususnya dibagian-bagian yang menurut kamu sulit, seperti nama tempat, tanggal, dan lain-lain. Fungsi dari menggaris bawahi adalah untuk membantu kamu dalam menemukan jawaban dari apa yang kamu dengar. Ingat, sinonim lagi-lagi sering muncul dalam ujian listening.

9. Spelling and Grammar – kamu harus hati-hati dan teliti dalam hal ini, kesalahan grammar dan ejaan hanya akan membuat jawabanmu menjadi salah. Ketika kamu memindahkan jawaban pada akhir seksi, periksalah dengan teliti. Sesuaikan antara lembar pertanyaan dan jawabannya, mulai dari verb, noun, adjective bahkan adveb.

10. British or American Spelling – Yang menarik dari IETLS adalah tidak adanya perbedaan dalam menggunakan kedua style tersebut, kamu bebas memilih salah satunya sperti dalam hal ejaan, grammar dan pemilihan kata. 

11. Boleh coret-coret soal – kamu diperbolehkan untuk mencoret-coret lembar pertanyaan saat ujian, dalam IELTS penilaian hanya dinilai dari lembar jawaban saja. 

Kamu bebas mencoret apa saja secara singkat tentang jawaban kamu sebelum memindahkannya. Lakukan secara cepat, sehingga tidak akan membuang-buang waktu kamu. 

Pada seksi akhir adalah menstranfer jawaban kamu dapat. Passtikan bahwa yang kamu tulis sudah sesuai dengan grammar dan spelling.

12. Baca petunjuk-IELTS– sangat penting buat kamu untuk melihat dan mendengarkan tips dari setiap bagian. Bacalah petunjuk dengan hati-hati. Didalam soal listening akan tertera berapa kata yang harus kamu tulis, jika ditulis tidak boleh lebih dari dua dan kamu menggunakan tiga, itu akan salah.

13. Pengunaan huruf besar dan Kecil – sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin mengunakan huruf besar atau kecil dalam menuliskan jawaban, jika kamu ngerasa tulisanmu sedikit berantakan dan jelek, lebih baik kamu menuliskan seluruhnya dalam huruf capital agar si pemeriksa jawaban tidak keliru dan menyalahkan.

14. British accent-tips – untuk meningkatkan kemampuan listening dalam IELTS biasakanlah mendengarkan percakapan atau pembicaraan dari Negara Inggris dan Australia. Apabila kamu tertarik, kamu bisa mendengarkan Radio dari BBC atau ABC. Dan satu lagi yang memudahkan kamu untuk terbiasa dengan accent British adalah mendownload aplikasi Radio dari United Kingdom di Playstore atau App Store lainya.

15. Buat transkrip percakapan – Tidak ada salahnya jika kamu mau benar-benar berhasil dalam ujian listening IELTS, caranya adalah kamu download sebuah video, kemudian kamu buat transkrip percakapan atau permbicaraan tersebut dalam bahasa Inggris. Cara ini akan meningkatkan pendengaran sekaligus cara menulis ejaan yang benar.


EmoticonEmoticon