Apa itu Writing Task One IELTS? Pengertian dan Penjelasannya

Apa itu Writing Task One IELTS? Pengertian dan Penjelasannya

Untuk writing IELTS terdiri dari dua macam soal yaitu Writing Task 1 dan Writing Taks 2.

Pada writing task 1 kamu akan di uji untuk menulis laporan dengan minimal penggunaan kata sebanyak 150, dimana essay tersebut berdasarkan dari gambar atau diagram yang umumnya berisikan tentang data statistik.



Selanjutnya yaitu writing task 2, kamu akan diminta menuliskan argument berdasarkan topik pertanyaan yang sudah ditentukan, tulisan ini berjumlah minimal 250 kata.

Untuk cara penilaian pada IETLS writing ini secara keseluruhan sama, hanya terdapat sedikit perbedaan pada bobotnya.

Writing task 2 lebih memiliki banyak bobot dibandingkan dengan writing task 1. Terdapat 4 kategori penilain dalam writing, yaitu: task achievement, coherence and cohesion, lexical resource dan grammatical range and accuracy.

Dibawah ini penjelasan secara detail tentang masing-masing kategori tersebut:

Penilaian Writing Task 1

Task Achievement: penulis dapat memenuhi dan mengikuti instruksi secara keseluruhan, contohnya seperti memenuhi syarat menggunakan minimal 150 kata, pembahasan diagram dengan tepat. Sangat tidak diperbolehkan memberikan opini pada writing taks 1, kamu harus menjelaskan apa yang terdapat dalam gambar atau chart yang disediakan.

Coherence and Cohesion: peserta ujian dapat menuliskan paragraph dengan struktur yang benar, alur yang jelas dan penempatan kalimat yang baik sehingga mudah untuk dimengerti dan dibaca.

Lexical Resource: mampu menggunakan berbagai ragam kosa taka (vocabulary) dan istilah dalam bahasa inggris, mampu menunjukan sinonim dari sebuah kata sehingga tidak melakukan pengulangan kata berulang kali. Menunjukan kamu kaya terhadap pengetahuan vocabulary.

Grammatical Range and Accuracy: menerapkan struktur kalimat dengan berbagai variasi, misalnya tidak hanya menggunakan kata kalimat active, namun bervariasi seperti passive, complex sentence, coumpound sentence. Sehingga kalimat yang ditulis tidak terkesan monoton.

Untuk mengetahui lebih jelasnnya bisa dilihat pada tabel yang telah disediakan pada lampiran belakang.

Nah, mungkin teman-teman sudah mulai paham sampai disini. Atau jika ada yang ingin langsung praktek juga boleh. Selanjutnya pada blog ini juga dibahas secara lebih detail How to Write Writing Taks One di artikel selanjutnya.


EmoticonEmoticon