Tips dan Strategi Menghadapi Reading IELTS Agar Mendapatkan Skor Tinggi dan Memuaskan

cara termudah mendapatkan skor ielts tinggi


Tips dan Cara Sukses Mengerjakan Reading IELTS

Boleh jadi IELTS Reading ini adalah kunci sukses untuk meningkatkan nilai skor kamu. Melalui test reading dan listening lah yang sangat masuk akal kamu bisa raih skor 9. Bayangkan dapat band score 9 sudah barang pasti akan mendobrak nilai skill lainya.



Karena untuk writing dan speaking selama ini di Indonesia, saya belum pernah membaca atau melihat peraih band score fantastis 9. Paling banter dapet angka delapan.

Artikel ini muncul ingn mendiskusikan bagaimana, tips apa saja, cara-cara ampuh mendongkrak nilai reading IELTS kamu. Nah, sekarang bukan hal yang aneh lagi untuk meraih skor itu. Walaupun kalau dibayangin itu artinya readingnya tidak ada yang salah. Amazing. Optimis

Trik-trik sukses reading IELTS ini tentunya tidak akan lepas dari usaha kamu. Tingkat keimanan untuk terus berlatih, berlatih dan berlatih. Maka ketika kamu sudah selesai baca artikel ini, tidak usah kebanyakan membaca teori-teori tentang reading lagi. Hasilnya akan nol besar jika tidak diimbangin dengan practice.

#1 Pelajari Tentang Synonym Vocabulary IELTS

Sudah banyak pembicaraan yang mengatakan kalau Reading IELTS itu susah dikarenakan perubahan kata. Perubahan ini biasa disebut dengan paraphrasing. Soal-soal dalam teks pun terlihat berubah secara total, namun maknanya sebenarnya tetap sama. Ini jebakan batman nomer satu yang harus kamu temukan solusinya.

Biasanya yang sering di paraphrasing itu adalah kata sifat dan kata kerja. contoh kata Amazing kemungkinan bisa berbubah-ubah menjadi incredible, unbelievable, improbable, fabulous, wonderful, fantastic, astonishing, astounding, extraordinary. Dari sini bisa disimpulkan untuk memahami itu dibutuhkan jam terbang yang bagus.

Bahan Ajar untuk Mempelajari Sinonim Vocabulary

Membaca Artikel Vocabulary IELTS di Internet, Untuk bahan ajar ini saya anjurkan kamu untuk mencari di artikel-artikel internet dengan keyword di google “Learn synonym Words IELTS”. Tersaji ribuan Vocabulary di dalam artikel. Semuanya gratis.

Namun, sebenarnya ada kekurangan untuk belajar melalui artikel-artikel. Karena kebanyakan hanya menyajikan daftar (list) vocabulary nya saja. Sehingga cara kamu belajar juga kurang efektif. Beda halnya jika menggunakan buku. Buku sudah memiliki daftar isi yang jelas, kontennya sudah diatur seseaui metode belajarnya. Sehingga ada langkah-langkahnya.

Jika kalian ingin mendapatkan e-booknya, silahkan berselancar di internet untuk mencari buku ini. Kalau ada uang baiknya beli, supaya tidak melanggar hak cipta.


sumber gambar: http://assets.cambridge.org/




sumber gambar: http://cdn.slidesharecdn.com/





sumber gambar: http://www.collins.co.uk/


#2 Pahami Soal Terlebih Dahulu, Baru Membaca Passage Reading IELTS

Untuk mengerjakan soal reading sangat dituntut tentang comprehension. Nah, jika kamu ingin mendapatkan jawaban dengan cepat karena waktunya juga sangat terbatas. Bacalah soalnya terlebih dahulu, baca perintah soal, dan temukan keyword sebagai acuan.

Keyword disini tidak hanya makna dari satu vocabulary saja. Karena kalau hanya berfokus pada satu vocabulary saja, hanya akan mengantarkan jawaban ke jurang kesalahan. Belum lagi, sangat jarang sekali soal-soal menggunakan kata yang sama. Kamu juga perlu paham makna dari kalimat atau paragraph. Paling tidak kamu mengerti arti dan makna teks reading passage.

Sangat dibutuhkan kejelian dalam memahami pertanyaan dan teks soal pada Reading IELTS. Kamu harus juga atur waktu pada bagian ini, jangan blunder ditempat. Jika dirasa terlalu sulit, langsung saja skip.

Note: sebaiknya jika kamu sedang dalam proses latihan jangan pernah gunakan limited time. Tidak masalah jika memang kamu harus habiskan waktu 2-3 jam. Lama kelamaan kamu akan dapatkan polanya bagaimana menemukan jawaban yang benar. Kerjakan saja sampai benar-benar kamu yakin kalau itu jawabannya. Karena yang dituntut dari reading adalah pemahaman“comprehension”. Bukan lomba lari, siapa cepat dia dapat 9.

#3 Setiap Butiran Soal biasanya sudah mengikuti susunan paragraph.

Bagian ini banyak sekali yang melakukan kesalahan. Pada reading IELTS sebenarnya jawaban untuk setiap soal sudah mengikuti paragraph yang ada. Belum pernah saya menemukan setiap soal misalnya nomer 1-3 jawabannya ada di paragraph akhir.

Bahkan pengalaman saya test di British Council, soalnya terlihat sangat mudah sekali. Karena jawabannya benar-benar urut seseuai paragraph. Jadi kita tidak perlu membolak-balik lembar soal. Akan menghabiskan waktu sia-sia.

Nah, jika kamu saat ini sedang latihan reading. Coba deh terapin cara ini, jangan mencari jawaban dengan melompat-lompatin paragraf. Nikmatin bacaanya dari paragraph pertama hingga akhir. Sebagai contoh, jika kamu sudah menemukan jawaban nomer 4 dengan tipe perintah soal yang sama. biasanya jawaban nomer selanjutnya akan berada disekitarnya. Tidak akan jauh-jauh, bisa saja diatas atau dibawahnya. Walaupun pola ini tidak selalu begini, tapi ini sering sekali muncul. 

#4 Pelajari masing-masing dari setiap tipe-tipe Reading IELTS Question.


Pada tips ke empat ini sebaiknya kamu tahu masing-masing perbedaan dari tipe soal reading IETLS. Setiap tipe mempunyai karakteristik dan pengujian skill yang berbeda-beda. Saya tidak akan bahas di artikel ini. Hanya sekedar gambaran umum Saya akan tuliskan khusus. Berikut tipe soal-soal reading IELTS:

Matching Heading Questions: test ini munguji kemampuan kamu untuk mencocokan “heading” pada setiap section atau paragraph. Butuh sekali pemahaman makna dan isi dari setiap paragraph.

True False NoT Given: Uji nyali satu ini mengetest kemampuan kamu untuk memutuskan apakah kalimat itu betul, salah, ataupun tidak ada sama sekali di dalam passage. Kamu harus cari spesifik makna dalam kalimat.

Summary Completion Question: kamu akan diberi soal berbentuk fill in the blank dan diperintahkan untuk memasukan pilihan kata yang sudah disediakan. Ini test mengenai kamu paham tidak tentang ide dan gagasan pendukung pada teks.

Matching Paragraph Information: tes ini diperuntukan untuk mengetahui tingkat kemampuan kamu mengindentifikasi informasi. Kamu harus cepat menjawab soal ini, gunakan teknik scanning.

Multiple Choice Questions: Nah, yang ini kita sudah sering ketemu. Test ini berkaitan sekali dengan pemahaman kamu akan informasi yang diberikan dari teks. Biasanya jawaban untuk tipe soal ini selalu berurutan. Pilihan jawabannya juga A, B, C, or D. kalau benar-benar gak dapat masih bisa ditebak-tebak. Kalau hoki, ya lumayan. Haahaha

Short Answer Questions: ini yang paling gampang. Kamu hanya dituntut menumakan lokasi jawaban. Biasanya soalnya sering paraphrasing dan menggunakan sinonim. Jawaban untuk soal selanjutnya cenderung tidak berjauhan.

Diagram Completion Questions: ini hampir sama dengan nomer 6 untuk letak jawabannya. Kamu dituntut untuk memasukan kata yang tepat pada fill in the blank. Ingat, jangan pakai opini. Jawabannya sudah ada dalam teks. Lakukan scanning dan skimming.

Table Completion, Matching Sentence Endings, Categorization Question, dan Choosing a Tittle. Maafkan saya, untuk yang ini insya allah akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya. artikel ini udah 1000 kata. hehe

Kesimpulan Cara Mengerjakan Reading IELTS


Pelajarilah sebanyak mungkin tentang persamaan kata (synonym). Jangan letih untuk berlatih terus. Jika skor kamu masih rendah, saya sarankan ketika berlatih jangan pernah batasin dengan waktu. Semakin kamu sering membaca, semakin cepat kamu mendapatkan kesimpulan. Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon