Panduan Lengkap Menulis Line Graph Writing Task One IELTS

writing task one ielts - cara menulis line graph

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penulisan line graph. saya ingin memberikan penjelasan masalah yang sering terjadi.

Sering muncul pertanyaan, waktu 20 menit tidak cukup untuk mengerjakan writing task one.

Masalah itu muncul diakibatkan karena tidak mengerti bagaimana memanage waktu. Berikut gambarannya

Bagaimana menggunakan waktu 20 Menit untuk Writing Task one. Waktu 20 menit pada task I dalam artikel ini saya bagi menjadi 3 bagian. Dengan begini akan membantu kamu mengatur waktu yang lebih baik.

Baca juga: Hindari Kesalahan ini saat mengerjakan writing task one 

5 menit pertama

Gunakan waktu ini untuk membaca pertanyaan. Pastikan kalau kamu benar-benar paham dengan gambar (chart). Pahami judul gambar untuk selanjutnya kamu lakukan paraprashing.

5 Menit Kedua

Waktu ini bisa kamu manfaatkan untuk menemukan 2 Informasi paling umum. Jangan lihat keseluruhan data. Lihat angka atau perbedaan yang paling menonjol.

10 Menit Terakhir

Ini adalah kesempatan kamu untuk menjelaskan chart secara detail. Pada tahapan ini lebih baik kamu bagi menjadi 2 paragraf, karena akan terlihat lebih ramping. Jadikan optimalkan setiap paragraf menjadi lima menit.

Nah, begitulah kira-kira gambaran membagi waktu pada writing task I.

Di bawah ini kita akan langsung praktek bagaimana menerapkannya. Mulai merubah judul ke paraphrasing paragraf, overview, dan menulis data chart secara detail.

Beginilah Cara Examiner Menilai Writing Task One

Introducing ( terdapat 1 atau 2 paragraf) - 5 menit

Overall View (Paling tidak terdiri dari 2 informasi umum berdasarkan chart). - 5 Menit
Body Paragraphs (Menjelaskan data secara detail, biasanya terdiri dari 6-7 paragraf). - 10 menit

Dari tiga poin di atas, jika kamu mengikuti alurnya. Menuliskan 150 kata tidak akan kesulitan.
Cara Menulis kalimat Introducing writing task I

Seperti yang saya singgung diatas, sebenarnya untuk membuat kalimat Introducing (pembuka) kamu hanya perlu memparaprasing judul gambar (chart).


Contoh 1.


Judul Chart
The line graph below shows the changes in the share price of Outokumpu companies in euros between January 2006 and December 2010.
Menjadi

The graph shows the changes and a decline overall in the share price of Outokumpu in a five-year period from January 2006 through December 2010.


Contoh 2


Judul Chart
The chart below shows the results of a survey of people who visited four types of tourist attraction in Britain in the year 1999.
Menjadi

The pie chart compares figures for visitors to four categories of tourist attraction and to five different theme parks in Britain in 1999.


Dua contoh diatas adalah cara paling mudah membuat kalimat Introduction. Kamu hanya perlu merubah susunan kalimat (Paraphrasing). Jika kamu masih kesulitan bagaimana melakukan paraprashing. 

Mungkin belum afdol kalau kita tidak coba mengerjakan satu soal.

The graph below shows the consumption of 3 spreads from 1981 to 2007

step by step menulis writing task one dengan skor tinggi

maka hasil paraphrase nya menjadi seperti ini:

the line graphs illustrates the amount of three kinds of spreads (Margarine, low fat and reduced spreads, and butter) which were consumed over 26 years from 1981 to 2007.

Cara Menulis Overview Writing Task I

Pada writing essay task I, kamu memang diharuskan untuk menuliskan overview. Caranya lihatlah data keselurahan yang paling menonjol. Tidak perlu menuliskan angka atau data.

Penulisan overview boleh diletakan setelah introducing (depan) dan paragraf terakhir. Namun, kalau saya lebih sering meletakannya dibagian depan.

Sekarang saatnya kita menuliskan overview untuk contoh soal diatas. Hasilnya akan seperti ini:


Panduan Lengkap Menulis Line Graph Writing Task I A sampai Z

Dari penjelasan di atas terlihat jelas, kalau menuliskan overview tidak perlu menggunakan data atau angka.

Cara Menuliskan Body Paragraph Writing Task I


Berdasarkan aturannya, body paragraf harus mengenai penjelasan data secara detail. (Saran) kalau bisa dibagai menjadi 2 paragraf.

Karena banyaknya informasi data pada gambar, ini mengakibatkan banyak yang kesulitan dan bingung harus mulai dari mana? Solusinya adalah kamu bisa menjelaskan mulai dari nilai tertinggi hingga terendah, atau sebaliknya.

Dari soal kita diatas coba perhatikan grafik dari butter. butter menempati posisi paling tertinggi. sehingga kalimatnya menjadi.

with regards to the amount of butter used, it began at around 140 grams and then peaked at 160 grams in 1986 before falling dramatically to about 50 grams in the last year.

selanjutnya cari lagi nilai tertinggi kedua dipegang oleh Margarine.

90 grams of margarines was eaten in the first year after which the figure fluctuated slightly and dropped to a low of 40 grams in 2007.

Kesimpulan:

Saat menuliskan kalimat introducing sebaiknya gunakan teknik paraphrasing. Kamu tidak perlu menuliskan seluruh data dan angka. Cukup buat garis beras nya trend nya saja. Untuk body paragraph sebaiknya cantumkan angka dan waktu agar kalimat terlihat lebih detail.





Selamat Mencoba!







EmoticonEmoticon